Maklumat

Tulisan-tulisan terkini dapat juga didapatkan di halaman Kompasiana di alamat https://kompasiana.com/didikaha

Khusus untuk konten-konten sastra seperti puisi, cerpen dan esai silahkan kunjungi http://blog.edelweis-art.com. Terima kasih (Penulis)

Minggu, Maret 11, 2018

Mengubah (Kumpulan) Foto Jadi Video

Salah satu fitur yang dimiliki oleh VSDC adalah membuat slideshow atau rangkaian gambar dalam bentuk video. Ya, jika Anda mempunyai kumpulan foto sebuah kegiatan (misalnya jalan-jalan atau reuni) dan ingin menikmatinya dengan lebih asyik melalui layar komputer atau televisi, Anda bisa membuatnya menjadi sebuah video menggunakan VSDC. Silahkan ikuti tutorialnya di bawah ini.

1. Memulai

Untuk mulai membuat slideshow, silahkan buka Aplikasi VSDC lalu pilih Create slideshow kemudian tentukan nama Project dan pengaturan lainnya seperti resolusi, ukuran (lebar dan tinggi), frameratebackground dan lain-lainnya, lalu klik Finish


2. Memuat, Menambah dan Menghapus File

Klik Add files lalu cari dan pilih atau blok file foto atau gambar yang akan dirangkai lalu klik Open untuk memuat gambar yang akan digunakan. Ini berlaku pula jika kita ingin menambahkan file lain yang biasanya tidak berada dalam satu folder dengan file sebelumnya. Untuk memuat atau menambahkan file kita juga bisa menyeret langsung file dari folder penyimpanan ke dalam kotak atau area di bagian bawah aplikasi. Adapun untuk menghapus file cukup klik pada file yang dimaksud lalu klik tombol del atau delete pada keyboard. Untuk menghapus beberapa file, sebelum klik tombol delete, klik dan tahan tombol shift atau ctrl lalu klik pada file-file lain yang akan dihapus juga baru kemudian klik tombol delete. Untuk menghapus file secara keseluruhan, klik menu Remove - Remove all files.

Memuat atau menambahkan file

Pilih atau blok file yang akan digunakan

Proses pemuatan file (tunggu sampai selesai)

File telah dimuat

Menghapus semua file

3. Memberikan Efek Transisi

Dengan VSDC kita bisa memberikan efek transisi/perpindahan antar gambar sehingga tampilan bisa menjadi apik, baik seragam, berbeda-beda maupun acak. VSDC menyediakan lebih dari 300 efek transisi yang bisa dimanfaatkan. Sangat lumayan untuk sebuah aplikasi gratis. :D

Untuk memberikan efek transisi, klik tanda panah yang berada di antara dua gambar. Untuk menambah efek pada transisi gambar lainnya, klik dan tahan tombol shift atau ctrl pada keyboard lalu klik tanda panah lainnya yang dimaksud. Untuk memilih semua transisi klik menu Select all - Select all effects.

Memilih semua transisi

Transisi yang terpilih akan diberi garis bingkai bolder

Setelah kita menentukan transisi mana saja yang akan diberikan efek, selanjutnya pilih dan klik efek yang akan digunakan lalu klik Add effect. Efek ini akan berlaku seragam untuk semua transisi yang kita pilih. Untuk memberikan efek transisi secara acak, kita bisa klik Add effect - Add a random effect atau Add random effects for all files untuk memberikan efek secara acak pada semua transisi file yang ada (tidak hanya yang telah kita tentukan).

Daftar kelompok efek (kiri), detail efek (tengah), preview efek terpilih (kanan)

Memberikan efek secara acak untuk semua transisi

Ikon panah transisi yang telah diberi efek akan berwarna hijau

Untuk mengubah efek yang telah dipilih, caranya sama seperti saat menambahkan efek, yaitu dengan mengklik transisi-transisi yang akan diubah efeknya, lalu pilih efek baru yang diinginkan pada daftar efek lalu klik Add effect. Adapun untuk membuang efek transisi, setelah memilih transisi-transisi, klik tombol delete pada keyboard atau klik menu Remove - Remove all effects untuk membuang efek pada semua transisi (bukan hanya yang dipilih).

4. Menyimpan

Setelah efek selesai diberikan, klik Apply setings (lihat gambar di atas). Kita pun akan dibawa ke tampilan utama VSDC. Klik Preview untuk melihat video yang telah dihasilkan (lihat gambar di bawah). Jika kita telah cocok dengan hasil yang ada, kita bisa langsung melanjutkan untuk menyimpannya sebagai video. Jika tidak, kita pun masih bisa untuk memperbaharuinya.

Klik Preview untuk menampilkan video

Preview Video

Untuk menyimpan video yang dihasilkan, klik menu Export Project lalu tentukan jenis, format dan profile serta nama dan tempat penyimpanannya. Jika sudah klik tombol Export Project (berada pada bagian paling kanan pada gambar pertama di bawah ini). Jika muncul popup Export, klik tombol Continue untuk melanjutkan. Tunggu hingga video selesai dibuat.

Mengatur jenis dan format video

Mengatur nama dan tempat penyimpanan serta profile video

Popup Export

Video telah selesai dibuat


Adapun untuk mengedit ulang video yang telah dihasilkan, pertama, klik Sprite yang ada pada kotak Objects explorer. Setelah itu, klik menu Editor, lalu klik Run Wizard dan pilih Edit sprite. Kitapun akan dibawa kembali ke tampilan editor slideshow.


Demikian tutorial sederhana untuk membuat slideshow menggunakan VSDC. Sebenarnya masih banyak fitur lainnya yang bisa digunakan seperti mengatur durasi transisi yang bisa dibeda-bedakan, membuat tampilan gambar atau video seperti gambar atau video jadul, memberi teks pada video atau masing-masing gambar, dan sebagainya. Silahkan explore lebih lanjut sendiri karena memang VSDC, salah satu keunggulannya selain gratis tentu saja, adalah mudah dipelajari dan digunakan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar